homePROFILEARCHIVESCREDITSLINKIESFOLLOW
TES CPNSD 2014
Dari awal seleksi hingga akhirnya diterima menjadi CPNS, ada sejumlah kenangan yang bercampur aduk dan begitu membekas di ingatan. Haha! Pengalaman sewaktu mengikuti Tes CPNSD ini sudah saya tulis sedemikian lama, tetapi hanya sekedar draft di laman blog yang belum saya publish (๑>ᴗ<๑).


Source : istockphoto


PENGUMUMAN FORMASI
Agustus 2014 (Akhir)

Informasi mengenai Pengumuman Penerimaan CPNSD 2014 ini pertama kali saya dapat dari teman sebangku saya sewaktu di SMP. Selang setengah jam, teman sekantor saya juga mengabarkan info yang sama. Saya belum ada niat untuk ikutan seleksi waktu itu, cuma sekedar ngeliat pengumumannya aja bareng teman sekantor.

Begitu pulang, saya sempat nyerempet cerita soal pengumuman ini pas lagi ngobrol ngalor ngidul sama orang rumah. Dan, Ibu sama Bapak dengan begitu berapi-apinya menyemangati saya dan adek buat ikutan tes. Susah nolaknya kalo yang nge-request orang tua, nah kan! (>﹏<)



TAHAPAN TES

1. Seleksi Administrasi
29 Agustus - 12 September 2014

Alamat Portal CPNS 2014 bisa diakses di website panselnas. Pelamar bisa melihat formasi jabatan dan pendidikan untuk setiap instansi. Pelamar harus mendaftarkan NIK, Nama, Tanggal Lahir, Email dan Instansi yang akan dilamar. Setiap pelamar hanya bisa memilih 1 instansi saja dan selanjutnya bisa memilih maksimal 3 formasi jabatan sesuai dengan kualifikasi.

Selanjutnya, saya mendapat username, password dan link registrasi untuk melanjutkan pendaftaran ke tahap berikutnya di website sscn. Nah, beberapa teman saya sempat mengalami kendala di step ini karena mereka belum mendapat email balasan dari registrasi sebelumnya (bahkan sampai berhari-hari). Agak ribet memang sewaktu mendaftar online di portal, bisa kebayang kan se-Indonesia pada mengakses website yang sama dalam timing yang berbarengan. Jadi, ya gak heran kalo websitenya tiba-tiba error.

Setelah login di website sscn, saya melakukan pengisian biodata dsb hingga akhirnya Kartu Registrasi bisa dicetak. Kartu ini wajib disertakan dengan berkas-berkas lamaran yang dikirim melalui Pos. Instansi daerah yang saya pilih waktu itu dibuka mulai tanggal 29 Agustus 2014 sampai dengan 12 September 2014, dan berkas lamaran paling lambat dikirim tanggal 12 September 2014 Cap Pos.

Sebenarnya waktu pendaftaran CPNSD tempo hari mepet banget sama jadwal traveling saya (03 - 13 September 2014). Dengan kondisi website pendaftaran yang waktu itu sering error, saya sempet ngebatin ‘Kalo gak bisa ya udahlah, berarti belum rejeki…’

Teman kantor saya yang lain bahkan sempat nyaranin saya buat mengorbankan salah satu opsi, ikut tes atau traveling. Waduh! Mana saya rela ngebatalin traveling, wong trip ini sudah direncanakan matang-matang dari bulan Maret, mana saya sudah ngajuin cuti tahunan, duit saya juga sudah keluar buat tiket pesawat pp sama dp penginapan.

Tapi akhirnya, semua bisa rampung tepat sehari sebelum saya berangkat.


2. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
29 Oktober - 10 Nopember 2014

Selepas seleksi administrasi, setiap pelamar harus rajin-rajin memantau portal BKD (Badan Kepegawaian Daerah) karena pengumuman selalu diupdate di sana. Alhamdulillah…saya lulus seleksi administrasi, selanjutnya tinggal menunggu balasan surat lamaran dan kartu ujian peserta. Tapi sayangnya, yang ditunggu belum juga datang sampai beberapa hari.

Akhirnya Bapak saya yang turun tangan langsung ke Kantor Pos, saya disuruh belajar buat persiapan tes aja di rumah. Setelah ditelusuri ternyata surat balasan saya masih dibawa sama kurirnya, bener-bener ditungguin sampe kurirnya balik kantor loh sama Bapak saya. Kalo inget perjuangan Bapak di sini, saya mau nangis aja rasanya.

Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) ini menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT) dengan materi ujian yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Saya belajar dari buku kisi-kisi soal cpns yang dijual di Gramedia, buku yang saya beli alhamdulillah menyertakan bonus aplikasi Simulasi CAT. Dan tepat H-1 sebelum ujian TKD, gagang kacamata saya tiba-tiba patah. Ada-ada aja ya. Saya udah sempat ngebayangin tuh gimana nanti nasib saya, kan mata saya gak kuat kalo harus nahan radiasi dari monitor dalam waktu lama. Tapi akhirnya saya sambung aja gagang kacamatanya pake selotip, toh pas ujian gak keliatan juga sama peserta yang lain. Kan, ketutupan kerudung.


3. Tes Kemampuan Bidang (TKB)
13 – 16 Desember 2014

Tes Kemampuan Bidang (TKB) ini merupakan tes terakhir yang terdiri dari Tes Psikologi Lanjutan, Tes Potensi Akademik dan Tes Wawancara.

Entah berapa buku yang saya pelajari demi tes ini, dan luar biasanya gak ada satupun soal dalam kertas ujian yang berkaitan sama materi dari buku-buku yang sudah saya pelajari. Sedihnya! Soal-soal yang keluar beneran di luar prediksi, mata saya sampe melotot saking takjub sama soalnya.

Dan sewaktu baru mau memasuki gedung untuk ikut tes TKB ini, hak sepatu saya tiba-tiba lepas sebelah. Ya Allah, sesuatu memang kan? Terpaksa hak yang sebelahnya lagi saya copot (paksa) juga, agak-agak memalukan sebenarnya…tapi ya saya tebelin muka aja sih waktu diliatin sama peserta yang lain.

Untuk wawancaranya, saya udah baca-baca pengalaman dari sekian orang di kaskus. Saya jadi punya gambaran, apa-apa aja yang bakal ditanyakan sama interviewer-nya. Tes yang satu ini, mungkin yang paling menyenangkan buat saya. Gak perlu belajar soalnya, hehehe…



PENGUMUMAN AKHIR
Desember 2014 (Akhir)

Mungkin ini momen yang paling gak akan bisa terlupakan, momen saat membaca nama saya muncul di pengumuman akhir. Rasanya…perpaduan antara mau ketawa, nangis sama deg-degan. Respon Ibu sama Bapak sudah gak perlu ditanya, mereka berdua yang paling bahagia sewaktu denger pengumuman ini.

Saya sempat ngabarin temen-temen satu formasi jabatan yang lulus, masih ingat respon mereka kayak gimana sewaktu saya infoin tentang pengumuman akhir tes...haha! Mereka itulah yang sekarang menjadi teman-teman dekat saya, alhamdulillah perjuangan kita sudah terbayar ya teman-teman.

Labels: , ,

0 candies | Give me candy


Post a Comment

All comments will be moderated, please write your feedback politely. Opinions, suggestions, criticisms are welcomed. I would really appreciate any of your responses, thank you ヾ(*゚ー゚)

POSTED BY Ayu ON Tuesday, March 31, 2015 @ 7:48 AM
back | Template code is edited by Ayu | forth