Tuesday, January 24, 2017

(REVIEW) EREBOS

Source: Goodreads

Judul: Erebos
Penulis: Ursula Poznanski
ISBN: 9786021606889
Tanggal Terbit: Januari 2015
Penerbit: Noura Books
Halaman: 578


Sinopsis

Sesuatu sedang terjadi. Nick bisa merasakannya, tapi tidak tahu apa. Teman-teman sekolahnya tiba-tiba berubah—saling berbisik, menatap sekeliling dengan waspada—seolah-olah ada rahasia yang tidak boleh diketahui oleh dirinya. Kemudian, satu per satu dari mereka menghilang.

Dan kini, sumber segala kejadian itu ada di tangan Nick. Sebuah CD game. Si pengirim sudah mengingatkan Nick, nyawa jadi taruhannya. Nick tidak peduli, dia harus tahu apa yang terjadi. Komputernya menyala. Layar mulai menggelap. Sebuah pemandangan janggal menyambutnya. Dia memasukinya, dibayangi maut, menuju kegelapan terdalam dari permainan yang mereka sebut ... Erebos.


Review

Nick Dunmore menyadari ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi pada teman-teman sekolahnya belakangan ini, mereka seolah-olah bersikap misterius. Dan, keanehan itu terjawab ketika sebuah CD game bernama Erebos—kini berada dalam genggaman tangannya.

Benar saja, Nick dibuat kecanduan akan permainan tersebut. Erebos bukanlah permainan biasa. Inti dari permainan itu adalah bertarung di pertempuran terakhir sebagai prajurit lingkaran dalam. Untuk mencapai level tertinggi ini, setiap pemain harus bertempur mengalahkan lawan, juga menyelesaikan misi-misi yang diberikan. Anehnya misi tersebut harus dilaksanakan di dunia nyata, dan lama-kelamaan misi yang diberikan semakin berat dan membahayakan nyawa orang lain.

Dengan penyelidikan yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi, akhirnya Nick mengetahui bahwa Erebos merupakan permainan yang dikembangkan dengan artificial intelligence, kecerdasan buatan yang cara berpikirnya seperti manusia. Piranti lunak permainan ini dapat belajar, membaca dan menganalisis data penggunanya (para pemain). Dan, permainan ini ternyata memiliki suatu tujuan tersembunyi yang mengejutkan.

Nantinya, pembaca akan banyak menemukan istilah-istilah yang berhubungan dengan mitologi Yunani. Ceritanya menarik, saya aja gak bisa berhenti membaca saking asyiknya. Membaca buku ini entah kenapa mengingatkan saya pada The Phantom of Baker Street dari movie series Meitantei Conan, agak mirip menurut saya.

Sang penulis memberikan nasihat yang baik kepada pembaca, hendaknya setiap orang bersikap bijak dalam menggunakan sesuatu. Jangan berlebihan. Kecanduan game (permainan) akan memberikan dampak dan pengaruh yang sangat buruk bagi penggunanya, tidak hanya mengganggu kesehatan dan membuat seseorang menjadi lupa waktu, tetapi juga membuatnya malas berinteraksi dengan orang-orang di sekitar dan ini jelas merugikan diri sendiri.


Quote:

"Begitu banyak hal buruk yang bisa terjadi saat anak-anak tumbuh menjadi dewasa." (Hal 4)

"Berbicara dengan diri sendiri itu adalah pertanda buruk. Salah satu tanda awal akan adanya penyakit jiwa skizofrenia." (Hal 5)

Sebaiknya, kau tidak bertanya bagaimana pendapatku tentang dirimu. (Hal 26)

Semuanya tampak begitu nyata. Nyata sekali. (Hal 40)

Permainan itu sebenarnya lebih pintar darimu, Jamie Cox, dan kau akan tertipu dengan mudah. (Hal 253)


❤❤❤❤

0 komentar:

Post a Comment

All comments will be moderated, please write your feedback politely. Opinions, suggestions, criticisms are welcomed. I would really appreciate any of your responses, thank you ヾ(*゚ー゚)

 

Wonderland Template edited by Ayu