Saturday, July 9, 2016

SAYONARA!

Let’s leave that (Goodbye) here and move on
I’ll never lose the sight of you again


—Pledge
the GazettE

Selamat tinggal masa lalu! Seusai Ramadhan tahun ini, rasanya seperti terlahir kembali. Proses berhijrah yang sudah sekian lama dilewati, selangkah demi selangkah, tak terasa kini sudah memasuki tahun ke-2. Selama itu kah? Ya, untuk berubah drastis dalam kurun waktu yang singkat tidaklah mudah. Ada kebiasaan-kebiasaan yang harus saya ubah, belum lagi harus menghadapi reaksi dari orang-orang di sekitar.


Hijrah ini ibarat menapaki sebuah jalan panjang, tidak selamanya mulus...terkadang harus melewati jalan yang penuh bebatuan, seringkali berkelok, bahkan sampai terluka akibat duri-duri tajam yang berserakan. Tapi tidak serta merta selalu kesulitan saja yang ditemui, ada saja pemandangan indah yang terbentang luas di sepanjang jalan dan menjadi penawar dari beratnya medan perjalanan yang ditempuh.

Tapi lihat! Saya sudah berhasil berjalan sampai sejauh ini, bukan?

Segala sesuatu yang diniatkan untuk dan demi Allah SWT...Insya Allah akan selalu dimudahkan dan dilancarkan. Sesulit apapun masalahnya, akan selalu ada jalan keluarnya kok asal minta tolongnya sama Allah. Masa-masa awal berhijrah, memang akan terasa sulit karena tidak semua orang bisa menerima perubahan. Contoh sederhananya, seseorang yang terbiasa bangun jam 7 pagi...tiba-tiba harus membiasakan diri untuk bangun jam 5 subuh. Pasti susahnya bukan main, haha...

Jika sudah terbiasa dengan perubahan, maka semua itu harus dijaga erat-erat karena sebenarnya yang paling sulit itu adalah istiqomah. Jangan sampai kembali menjadi seperti dulu lagi, mempertahankan itu lebih sulit lho...apalagi mempertahankan prinsip sebagai seorang muslimah yang benar-benar kaffah di tengah huru hara dunia modern yang serba kekinian. Saya sendiri seringkali mengalami masa down, masa di mana saya merasa luar biasa malas dan seperti kehilangan semangat untuk melakukan apapun.

Source: Pinterest

Flashback ke masa lalu, adakah yang penasaran? Hoho...sebenarnya sih hobi saya kurang lebih sama kayak cewek-cewek pada umumnya, sewaktu masih di sekolah menengah...saya termasuk penggemar berat drama-drama korea. Yang paling saya suka dan ditonton sampe berkali-kali, ya serial Full House.

Dan semenjak duduk di bangku kuliah, saya lebih tertarik dengan dunia jejepangan...anime, manga, band visual kei sampai cosplay. Visual kei ini musiknya sudah termasuk kategori musik keras dan berat, kebanyakan beraliran rock. Saya aja bingung, kok dulu sukanya sama yang begituan. Masa-masa ini mungkin titik yang paling terparah, dari addicted berubah menjadi intoxicated. Segala sesuatu yang berlebihan itu pada dasarnya memang tidak baik :'(


Saya beneran jadi fangirl sejati saat itu, bahkan sampe bela-belain nonton konser Jrock Evolution yang harga tiketnya terbilang fantastis, belum lagi ditambah biaya tiket pesawat, penginapan dan akomodasi. Tapi ya karena sebegitu ngefansnya, saya rela ngeluarin duit segitu banyaknya. Kalo sekarang diinget-inget, beneran nyesel loh. Tapi sih, waktu itu saya ngajak Ibu sekalian jalan-jalan ke Jakarta. Ibu saya kan kepengen banget menginjakkan kaki di ibukota, hehe...paling enggak saat itu saya sudah bisa nyenengin hati orang tua.

Kalau mau positive thinking, karena saya doyan sama segala hal yang berbau jepang, alhasil saya jadi berusaha untuk menguasai bahasa jepang. Saya rutin belajar bahasa jepang walaupun secara mandiri (beneran!), sempat mengambil kursus privat juga sih. Jadi masih ada sisi baiknya juga kan? Tapi toh, biar semua yang berlalu menjadi pelajaran buat diri saya sendiri. Yang mau berhijrah, semangat yaaa

2 komentar:

  1. masa lalu, se'kelam' apapun pasti memberi hikmah dan pelajaran. membaca postingan ini seperti diingatkan kembali. semoga kita termasuk orang-orang yang selalu berada di jalan kebaikan, amiin..

    ReplyDelete
  2. Iya, hehe...semoga kita selalu diberi keberkahan dan kebahagiaan. Aamiin!
    Semoga postingan ini bermanfaat ya, mbak ratih ❤

    ReplyDelete

All comments will be moderated, please write your feedback politely. Opinions, suggestions, criticisms are welcomed. I would really appreciate any of your responses, thank you ヾ( ´ー`)

 

Wonderland Template edited by Ayu