Tuesday, May 17, 2016

(REVIEW) MISTERI MUSEUM DI BATAVIA

Source: Amazon


Judul: Seri Misteri Favorit 3—Misteri Museum di Batavia
Penulis: Wurni Diningsih
ISBN: 9789799106728
Tanggal Terbit: Januari 2014
Penerbit: Kiddo
Halaman: 136


Sinopsis

Dunia Leondii seperti berhenti berputar!

Papanya, seorang kurator museum, dituduh mencuri sebuah lukisan terkenal. Leondii tak tinggal diam. Bersama Dean, sahabatnya yang gila teknologi, mereka mencari pencuri lukisan yang sebenarnya.

Pencarian mereka tidak berjalan mulus, malah Dean mendapat peringatan keras dari Polisi! Leondii juga kena getahnya, tetapi Leondii tak mau menyerah. Dia yakin papanya tak bersalah dan dia akan membuktikannya!




Review

Sebuah lukisan dari Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua Batavia—telah dicuri. Polisi menyimpulkan bahwa kasus ini merupakan perbuatan orang dalam, tuduhan pun dijatuhkan kepada Pak Wendarto, Kepala Kurator Museum—karena sidik jarinya melekat pada gagang pintu.

Leondii, anak sang kurator—menemukan sebuah petunjuk ketika menyelinap masuk ke dalam Museum untuk menyelidiki kasus pencurian itu bersama sahabatnya, Dean. Mereka berdua juga bertemu dengan seorang pria yang dandanannya aneh dan sangat mencurigakan, yang kemungkinan merupakan dalang dari tindak pencurian.

Tokoh utamanya memiliki karakter khas anak-anak seusianya; kasus yang menjadi sorotan dalam kisah ini terbilang ringan, mudah untuk ditelaah karena memang seri misteri ini ditujukan untuk anak-anak. Buku ini juga dilengkapi dengan fakta-fakta unik bergambar yang berkaitan dengan ceritanya.

Sang penulis secara tersirat menyampaikan beberapa pesan moral kepada pembacanya, antara lain makna dari sebuah kesetiakawanan, pantang menyerah dan jangan mudah percaya pada orang yang belum dikenal.


Quote:

Aih, kadang bila sedang gugup kita tidak sadar bertindak bodoh. Menanyakan sesuatu yang jawabannya sudah diketahui dari awal. (Hal 79)

Mereka berdua sama saja. Sama-sama tidak sungguh-sungguh menjalankan perintah bosnya! (Hal 87)


❤❤❤❤❤

0 komentar:

Post a Comment

All comments will be moderated, please write your feedback politely. Opinions, suggestions, criticisms are welcomed. I would really appreciate any of your responses, thank you ヾ( ´ー`)

 

Wonderland Template edited by Ayu