Friday, February 21, 2014

(REVIEW) 100 CUPBOARDS & HAUNTINGS: TALES OF THE SUPERNATURAL


Tempo hari saya nyempet-nyempetin mampir ke Perpusda, pengennya sih berlama-lama ngedeprok sambil numpang wifi-an kayak anak-anak sekolah. Tapi karena kepepet jam istirahat, akhirnya saya menyerah dan balik lagi ke kantor :D


Judul: 100 Cupboards
Penulis: N. D. Wilson
ISBN: 9786028723169
Tanggal Terbit: Desember 2010
Penerbit: Daras Books
Halaman: 260


Review

Novel ini menyuguhkan petualangan Henry York, bocah dua belas tahun yang pindah ke rumah paman dan bibinya setelah kedua orang tuanya dikabarkan telah diculik dan tidak diketahui bagaimana nasibnya.

Petualangan dimulai ketika Henry menemukan pintu lemari dalam berbagai bentuk yang disembunyikan di balik dinding kamarnya, semenjak itu ia juga sering mendapati mimpi-mimpi aneh di dalam tidurnya. Bersama dengan salah seorang sepupunya, Henrietta, mereka mencoba mencari tahu apa yang berada di balik pintu-pintu itu.

Keadaan menjadi semakin rumit ketika Henry berusaha menyusul Henrietta yang menghilang melalui pintu ajaib yang berada di kamar kakek mereka. Sementara di sisi lain, kedua sepupu Henry lainnya, Penelope dan Anastasia, terpaksa harus menghadapi seorang wanita penyihir jahat yang secara tanpa sengaja terbangun dan melukai kedua orang tua mereka.

Saya cukup menikmati fantasi yang disuguhkan di dalam buku ini. Awalnya saya sedikit njlimet, nama-nama yang disuguhkan sang penulis memiliki ritme yang senada. Henry, kebetulan nama tersebut merupakan nama sang tokoh utama, juga merupakan nama kota yang menjadi latar belakang ceritanya; kemudian ada pula Henrietta, sepupu Henry. Ada poin-poin yang perlu diperbaiki, seperti plot yang mengalami beberapa kali pengulangan. Kemudian, ada beberapa penerjemahan kalimat yang menurut saya kurang pas dan malah terkesan kaku.

❤❤❤❤❤



Judul: Hauntings (Tales of the Supernatural)
Editor: Henry Mazzeo
ISBN13: 9780385093736
Tanggal Terbit: Juni 1968
Penerbit: Doubleday
Halaman: 316


Review

Buku ini berisi kumpulan 17 kisah supernatural. Bahkan salah satunya yang berjudul Lot No. 249, merupakan hasil karya Sir Arthur Conan Doyle, pencipta karakter Sherlock Holmes. Sayangnya saya lebih tertarik sama cerita detektifnya ketimbang supernaturalnya, hehe. Kisah-kisah di dalam buku ini cukup nyeremin, terutama kisah tentang sebuah keluarga yang pindah ke rumah baru mereka—yang kemudian mengalami kejadian-kejadian ganjil yang menakutkan.

Dari sederet judul yang ada, saya paling suka The Lonesome Place yang ditulis August Derleth. Mungkin karena gaya penulisannya yang sederhana—karena sepertinya kisah ini memang ditujukan untuk anak-anak sama si penulis, pemilihan kosakatanya juga gak membuat jidat saya mengkerut, apalagi harus sampai repot-repot membuka kamus plak!

Ceritanya mengenai imajinasi seorang anak kecil yang percaya bahwa ada sesuatu yang benar-benar hidup dan tinggal di suatu tempat yang sepi dan gelap; sesuatu itu menunggu, mengintai anak-anak penakut yang lewat untuk ditangkap. Mirip cerita film bogeyman.

You who sit in your houses of nights, you who sit in the theaters, you who are gay at dances and parties—all you who are enclosed by four walls—you have no conception of what goes on outside in the dark. In the lonesome places. And there are so many of them, all over—in the country, in the small towns, in the cities.

❤❤❤❤❤
 

0 komentar:

Post a Comment

All comments will be moderated, please write your feedback politely. Opinions, suggestions, criticisms are welcomed. I would really appreciate any of your responses, thank you ヾ(*゚ー゚)

 

Wonderland Template edited by Ayu