homePROFILEARCHIVESCREDITSLINKIESFOLLOW
BIRTH STORY #2
Source : Freepik

Assalamu'alaikum.

Akhir bulan Februari lalu saya sudah melahirkan anak kedua secara normal, Alhamdulillah bisa dilewati dengan baik meskipun dengan sedikit drama. Sebelumnya saya sudah mengajukan cuti bersalin di kantor tmt 1 Maret walaupun hpl saya tanggal 21 Maret, karena prediksi hpl bisa maju mundur kata dokter obgyn saya. Dan mengingat beberapa minggu belakangan saya semakin sering merasakan kontraksi palsu, saya punya feeling kalau hpl saya ini bakalan maju.

Nah pas hari Senin tanggal 25 Februari, beberapa menit sebelum adzan Subuh berkumandang, saya merasakan kontraksi. Terus durasinya cukup lama, baru berhenti sekitar jam setengah 7 pagi. Padahal kalo konpal, biasanya berhenti kalo saya bawa baring sebentar. Ijin gak masuk kantor lah saya hari itu, terus suami bawa saya ke bidan.

Bidan belum berani VT karena usia kehamilan saya masih 36 week (on term atau cukup bulan minimal 37 week) dan saya punya riwayat melahirkan prematur 28 week sebelumnya. Takutnya entar kalau di VT malah memicu pembukaan, jadi saya disaranin USG ke dokter dulu, terus nanti konsul lagi.

Terus saya dan suami lanjut periksa ke dokter obgyn, saya di VT sama dokter ternyata udah pembukaan 2. Nah, saya disuruh bedrest sama dokter, dokter bilang syukur Alhamdulillah kalau bisa lahir on term 37 week pas Kamis tanggal 28 Februari. Tapi toh kalau ternyata lahir di uk 36 week nda apa-apa kata beliau, hitungannya memang prematur tapi prematur tua, dan hasil USG nya juga baik; kondisi bayi sehat, posisi juga bagus, air ketuban cukup, berat badan cukup, saya juga sehat, tekanan darah normal .

Sepulang dari dokter, saya bedrest total. Besoknya keluar sedikit flek kecoklatan dan puncaknya ketika hari Rabu tanggal 27 sekitar jam setengah 5 subuh saya merasa ada air merembes. Saya bangun, ternyata gak berbau seperti air seni. Yakinlah saya kalo yang merembes ini air ketuban. Saya bangunin suami, terus saya bilang jangan panik...toh rembesannya sedikit.

Baru sampai di pintu masuk bidan, air ketuban merembes deras. Nah pas dicek bidan, udah bertambah jadi pembukaan 4. Saya dipasangi infus, diminta minum obat buat melunakkan mulut rahim. Jadi selama baring, aktivitas saya makan minum, buang air kecil. Saya nda dibolehin buang air di toilet, nda nyaman banget buang air di atas kasur...sangat. Tiap buang air, mengucur juga air ketuban dengan derasnya.

Saya mulai ngerasa nyeri kontraksi ketika pembukaan 7, pas pembukaan 10 kepala dedek masih tinggi, baru masuk setengah di panggul. Jadilah saya diminta dzikir sekaligus mempraktekkan gerakan senam yang membantu mempercepat kepala masuk di panggul. Alhamdulillah ketika kepala dedek bayi sudah masuk panggul, sensasi mengejan datang berulang-ulang. Gerakan mengejan baik posisi miring, ataupun terlentang yang saya pelajari saat ikut senam hamil dipraktekkan di sini, dan itu sangat membantu banyak.

Qodarullah akhirnya saya dan bidan tau kenapa si dedek sempat macet posisinya saat turun ke panggul, ternyata dedek terlilit tali pusar kencang di leher sampe akhirnya perinium saya dirobek, 2 jahitan kata bidannya. Dedek gak nangis sewaktu lahir, terus dimasukkan alat dan disedot gitu karena ketelan air ketuban. Setelah itu baru si dedek nangis kencang, Masyaa Allah...dan suami saya langsung sujud syukur. Selesai IMD, saya diantar bidan pake kursi roda buat istirahat di kamar.

Besoknya sebelum pulang ke rumah, saya diajari senam nifas untuk mengencangkan kembali otot perut. Fasilitasnya wuenak tenan, dapat massage selepas bersalin sampe ketiduran, massage payudara buat melancarkan asi, facial, creambath, lulur dan timung. Dedek bayi di massage juga, sama dimandikan bidan selama 2 hari (datang ke rumah).

Oiya sharing ceritanya lompat langsung ke persalinan anak kedua, entar kapan-kapan saya sharing pengalaman bersalin anak pertama ya moms.

Labels: ,

0 candies | Give me candy


Post a Comment

All comments will be moderated, please write your feedback politely. Opinions, suggestions, criticisms are welcomed. I would really appreciate any of your responses, thank you ヾ(*゚ー゚)

POSTED BY Ayu ON Monday, March 11, 2019 @ 12:46 PM
back | Template code is edited by Ayu | forth