Sunday, March 27, 2011

(PROJECT) SHINSAI MIRAI NO HANA


Shinsai Mirai no Hana atau yang biasa disebut Bunga Harapan merupakan lembar-lembar kelopak bunga yang dibuat dari kertas berwarna kuning dan di lembar tersebut dirangkai pesan dan harapan. Berbicara mengenai tsunami yang beberapa waktu lalu menimpa Jepang, pasti mengingatkan kita pada tsunami yang juga pernah melanda Aceh (Indonesia) pada tahun 2004 silam. Apa hubungannya dengan Shinsai Mirai No Hana???


Nah, warga Jepang mengirimkan rangkaian bunga-bunga kertas berwarna kuning berisi pesan dan harapan sebagai ungkapan kepedulian yang ditujukan kepada masyarakat Aceh yang selamat dari tsunami beberapa tahun lalu agar bisa bangkit kembali dan hidup lebih baik. Pada peringatan 6 tahun pasca tsunami Aceh (26 Desember 2010), Shinsai Mirai No Hana (sebanyak 5.000 bunga kertas) ditanam dibeberapa lokasi antara lain kawasan taman sari dan Mesjid Raya Baiturrahman, Pelabuhan Ulee Lheu dan makam massal Ulee Lheu, serta komplek PLTD Apung di kawasan Punge Blang Cut Banda Aceh.

Teman forum saya (KazuMiya) bersama dengan teman facebooker’nya (Shin Michiko), berinisiatif membuat ‘Project Cares For Our Japan’ sebagai ungkapan kepedulian terhadap musibah yang menimpa Jepang sekaligus membalas baik-budi sahabat-sahabat kita di Jepang dengan cara yang sama. Jadi, bagi siapapun yang ingin ikut berpartisipasi dalam Project ini cukup membuat beberapa tangkai Shinsai Mirai No Hana (jumlahnya tidak ditentukan).

Untuk lebih jelasnya, bagaimanakah bentuk Shinsai Mirai No Hana…dapat dilihat pada gambar berikut.


Saya sendiri juga ikut berpartisipasi. Di setiap kelopaknya, dituliskan pesan-pesan untuk masyarakat Jepang. Kelopak-kelopak yang sudah saya tulisi pesan tersebut, saya rangkai menggunakan double tape, hanya saja tidak saya beri tangkai. Karena teman forum saya (KazuMiya) sudah memesan sejumlah tangkai dari pengrajin, jadi saya cukup mengirimkan rangkaian bunganya saja. Bagi yang ingin berpartisipasi, silakan mengirimkan Shinsai Mirai No Hana paling lambat tanggal 31 Maret 2011. Untuk tempat tujuan pengiriman, ada 2 alternatif alamat.
  • Alamat rumah keluarga
    Duren Village Blok B1/27 RT 012/02
    Ciledug
    Tangerang 15157
  • Alamat toko kerabat
    Jl.Petak Baru NO 71 (Tongkangan)
    Jakarta 11230
    Indonesia
  • Contact Person
    Email: cha_nime@yahoo.com
    Twitter: EternKazu




credits : republika , japanesia


0 komentar:

Post a Comment

All comments will be moderated, please write your feedback politely. Opinions, suggestions, criticisms are welcomed. I would really appreciate any of your responses, thank you ヾ(*゚ー゚)

 

Wonderland Template edited by Ayu