Thursday, March 5, 2015

(REVIEW) SEASON OF THE WITCH

Source: Goodreads


Judul: Season of the Witch (Jerat-Jerat Sihir)
Penulis: Natasha Mostert
ISBN: 9789792275025
Tanggal Terbit: September 2011
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 536


Sinopsis

Gabriel Blackstone, hacker berbakat yang juga memiliki kemampuan remote viewing—melihat jarak jauh. Ketika dia diminta untuk menyelidiki hilangnya Robert, anak tiri kekasih masa lalunya, kecurigaan Gabriel jatuh pada kakak beradik Minnaloushe dan Morrighan Monk: yang kaya, sangat menarik, dan misterius. Gabriel menemukan bahwa kedua perempuan ini tertarik pada alkimia dan Seni Ingatan yang kuno—diciptakan oleh bangsa Yunani dan digunakan oleh alkemis seperti Giordano Bruno dan Leonardo Da Vinci. Gabriel menemukan petunjuk-petunjuk bahwa salah satu dari kedua wanita itu mungkin berhubungan dengan hilangnya Robert. Tapi siapa yang bertanggung jawab?

Saat Gabriel memasuki dunia kedua wanita itu, dia menyadari dia terjerat dalam pesona sekaligus bahaya maut. Untuk menyelamatkan dirinya dan wanita yang dia cintai, Gabriel akan menghadapi pertarungan terpenting dalam hidupnya.


Review

Puncak pencapaian tertinggi dapat diwujudkan dengan membangun sebuah istana ingatan, di balik pintu-pintunya tersimpan berbagai informasi tentang pengetahuan semesta dalam skala besar. Istana khayalan ini dirancang dengan arsitektur rumit, diikat dengan mantra sihir dan kemudian dikenal sebagai Rumah Sejuta Pintu.

Gabriel Blackstone memiliki bakat istimewa, ia mampu melakukan penglihatan jarak jauh melalui alam bawah sadarnya. Hal itu membuatnya merasa demikian hebat dan menyepelekan sebuah kasus yang sedang ditanganinya, hingga sebuah peristiwa tragis terjadi akibat keegoisannya.

Peristiwa tersebut mengubah jalan hidupnya dan Gabriel akhirnya memutuskan untuk tidak lagi menggunakan kemampuan paranormalnya.

Ia beralih menjadi seorang hacker dan bekerja sama dengan Isidore untuk mencuri informasi. Isidore sangat terampil dalam membobol sistem keamanan, ia hanya perlu duduk manis dan berinteraksi dengan layar komputernya. Sedangkan Gabriel lebih sering terjun ke lapangan untuk melakukan pengintaian.

Isidore ini merupakan satu-satunya orang yang dianggap Gabriel sebagai teman. Walau terkadang agak menyebalkan tapi melalui lelucon-lelucon konyolnya, Isidore selalu bisa mengimbangi karakter Gabriel yang cenderung angkuh dan suka merendahkan orang lain.

Gabriel tampaknya cukup menikmati kehidupan barunya, sampai ketika Frankie, seseorang dari masa lalunya datang dan meminta bantuan Gabriel untuk mencari Robert, anak tirinya yang menghilang tanpa jejak.

Melalui pikiran-pikiran Robert, Gabriel mulai menjelajahi sebuah bangunan aneh dengan begitu banyak pintu. Perjalanan tersebut membawanya kepada dua kakak beradik, Minnaloushe dan Morrighan Monk yang penuh misteri.

Minnaloushe yang feminin, Morrighan yang bernyali baja; sifat keduanya bertolak belakang namun keduanya sama-sama memiliki kecantikan dan daya tarik mempesona yang berbahaya.

Dengan bantuan Isidore, Gabriel berhasil membobol buku harian yang ada di komputer mereka. Namun lambat laun, Gabriel mulai terpesona pada si pemilik buku harian tersebut. Ironisnya ia tidak mengetahui siapa pemiliknya di antara dua bersaudari Monk.

Gabriel menggali rahasia-rahasia mereka terlalu dalam, dan tidak menyadari sebuah konsekuensi yang sewaktu-waktu dapat membahayakan nyawanya. 

Novel ini mengangkat tema mengenai ritual kuno yang dikaitkan dengan alkimia. Pembaca akan disuguhi konflik-konflik yang dibumbui kisah cinta, kematian dan hal-hal magis.

Satu hal yang dapat direnungi oleh pembaca, bahwa keserakahan seringkali membutakan pikiran. Manusia cenderung tidak pernah puas dengan segala sesuatu yang dimilikinya dan berusaha melakukan segala cara untuk mendapatkan keinginannya.

Maka, bersyukurlah terhadap apapun yang kita miliki saat ini.


Quote:

Saat mencari portal yang misterius, kau harus membuat dirimu sendiri tak kasatmata, agar kau bisa menyelinap lewat tanpa terlihat.

—Nei Pien of Ko Hung


❤❤❤❤❤

0 komentar:

Post a Comment

All comments will be moderated, please write your feedback politely. Opinions, suggestions, criticisms are welcomed. I would really appreciate any of your responses, thank you ヾ( ´ー`)

 

Wonderland Template edited by Ayu