Sunday, March 9, 2014

(REVIEW) TUNNELS & LISEY'S STORY



Judul: Tunnels (Will Burrows dan Koloni Misterius Bawah Tanah)
Penulis: Roderick Gordon & Brian Williams
ISBN13: 9789794335185
Tanggal Terbit: 2008
Penerbit: Mizan Fantasi
Halaman: 660


Review

Tunnels menghadirkan kisah petualangan Will Burrows, seorang remaja laki-laki berusia 14 tahun yang memiliki minat besar dalam melakukan penggalian di bawah tanah. Albinisme telah membuatnya dikucilkan oleh teman-teman sebayanya, satu-satunya sahabat karib yang ia miliki hanya Chester Rawls.

Will tumbuh dalam keluarga yang terbilang disfungsional. Dr. Roger Burrows, ayah Will merupakan seorang kurator museum yang kerap menghanyutkan diri dalam obsesi-obsesinya. Sedangkan Mrs. Burrows yang memiliki kefanatikan dengan acara televisi, hanya duduk bermalas-malasan setiap harinya. Urusan rumah tangga keluarga Burrows sepenuhnya diatur oleh Rebecca, adik Will yang baru berusia 12 tahun.

Masalah timbul ketika Dr. Burrows menghilang tanpa jejak, setelah bertengkar hebat dengan Mrs. Burrows pada malam sebelumnya. Will menemukan sebuah petunjuk dan meyakini bahwa Dr. Burrows telah diculik oleh pria misterius yang telah disebut-sebut di dalam catatan jurnal ayahnya.

Bersama dengan Chester, mereka menjelajahi lorong rahasia yang berada di balik rak buku ruang bawah tanah yang ternyata membawa mereka pada suatu peradaban koloni bawah tanah. Sayangnya, Will dan Chester kepergok oleh seorang opsir di Quarter, keduanya ditangkap dan menjalani sejumlah interogasi yang dilakukan oleh Styx.

Ada berbagai kejutan yang tak pernah disangka Will, salah satunya—kebenaran tentang siapa dirinya.

Rencana Will untuk membebaskan Chester yang terancam diasingkan ke Deeps seketika hancur berantakan, pelarian mereka telah diketahui oleh pasukan Styx, serta merta dengan kehadiran Cal, yang ikut melarikan diri bersama Will karena terdorong oleh rasa penasarannya akan Dunia Atas.

Singkat kata, novel ini menyajikan kisah fantasi dengan sentuhan sains di mana alur ceritanya tidak mudah ditebak, penuh kejutan dan ketegangan. Covernya keren banget menurut saya, ditambah dengan adanya ilustrasi-ilustrasi menarik di dalamnya, sudah pasti memudahkan pembaca untuk bisa membayangkan bagaimana kehidupan koloni di bawah tanah.

❤❤❤❤❤



Judul: Lisey's Story
Penulis: Stephen King
ISBN13: 9789792274127
Tanggal Terbit: Agustus 2011
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 704


Review

Lisey Debusher Landon, istri seorang penulis terkenal, Scott Landon—baru memulai membereskan barang-barang peninggalan Scott, dua tahun setelah kematian suaminya. Serangkaian kenangan masa lalu yang terlupakan, sedikit demi sedikit kembali muncul dan membayangi benak Lisey.

Lisey mulai mengingat, sebuah rahasia tentang masa kecil suaminya yang kelam, yang berasal dari keluarga yang menderita penyakit mental turunan yang mengerikan—juga bayang-bayang si bocah panjang, sebutan Scott untuk makhluk penuh bopeng yang kerap menghantuinya sejak kecil, yang hanya kepada Lisey lah, Scott mampu menceritakannya.

Namun terlepas dari semua itu, Scott memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam dunia lain yang dinamakan Boo’ya Moon—yang belakangan—kemampuan itu dimiliki juga oleh Lisey dan digunakannya untuk menyelamatkan Amanda, kakak sulungnya, yang menderita gangguan jiwa hingga sering melukai dirinya sendiri.

Setelah kematian Scott, Lisey juga terpaksa harus berhadapan dengan Jim Dooley, penggemar gila Scott yang meneror—bahkan tak segan menyiksa Lisey demi mendapatkan naskah terakhir suaminya yang belum diterbitkan. Dengan bantuan Amanda, Lisey berusaha menyingkirkan Dooley dengan membawanya ke Boo’ya Moon.

Bagi saya pribadi, novel ini tergolong dalam kategori bacaan berat. Kisah Lisey ini ditulis dalam tatanan gaya bahasa metafora tingkat tinggi, dengan menggunakan alur cerita maju-mundur. Bahkan saya terpaksa harus menelan obat sakit kepala, karena novel ini dengan suksesnya membuat migrain saya kambuh—sewaktu membaca bab permulaannya.

Tapi setelah beberapa lama, toh akhirnya terbiasa juga dengan gaya penulisan Stephen King ini, walaupun terkadang saya tetap harus membaca beberapa halaman berulang-ulang karena gak ngeh sama ceritanya.

Novel ini menyajikan cerita emosional tentang kehidupan yang sarat dengan misteri dan kegilaan, namun di sisi lain terdapat pula pelajaran hidup yang bisa diambil oleh pembacanya.

❤❤❤❤❤

0 komentar:

Post a Comment

All comments will be moderated, please write your feedback politely. Opinions, suggestions, criticisms are welcomed. I would really appreciate any of your responses, thank you ヾ( ´ー`)

 

Wonderland Template edited by Ayu